Contoh Banner
Mengenali Selaput Dara (Hymen)

Mengenali Selaput Dara (Hymen)

Selaput dara atau hymen adalah membran tipis yang menjadi pintu masuk vagina. Setiap wanita memiliki bentuk, ukuran dan warna hymen yang berbeda-beda—ada yang menyerupai kelopak bunga, seperti gerjaji, atau berbentuk bulan sabit. Namun demikian, rata-rata bentuk hymen wanita adalah seperti bulan sabit.

Pada umumnya hymen ini elastis. Namun demikian, setiap wanita memiliki keelastisitas hymen yang berbeda-beda. Ada yang karena jatuh dari sepeda saja hymen seseorang sudah pecah atau robek. Ada yang sudah bersuami bertahun-tahun namun hymennya masih 'utuh' karena terlalu elastis. Namun jika sudah pernah melahirkan maka hymen pasti sudah hilang seutuhnya—total.

Letak hymen sekitar dua hingga tiga sentimeter dari bibir luar vagina (labia mayora). Hymenlah yang menjadi pembatas atau pintu antara bibir dalam (labia minora) dengan liang vagina. Namun perlu diingat bahwa hymen yang robek belum tentu karena akibat hubungan seksual. Banyak penyebab hymen pecah. Apalagi bagi hymen yang kurang elastis. Hati-hati bagi gadis yang melakukan masturbasi alias handjob alias 'servis swalayan', karena jika jari Anda sampai masuk menerobos hymen, maka ada kemungkinan hymen Anda bisa robek. Hal itu Karena lubang hymen yang masih gadis hanya sebesar jari kelingking saja.


Begitu juga tentang pendarahan pada malam pertama. Tidak semua gadis akan mengalami pendarahan pada malam pertama. Bagi gadis yang mempunyai hymen terlalu elastis maka kemungkinan pada malam pertama tidak ada noda darah. Juga harap diingat bahwa darah malam pertama tidaklah banyak, hanya berupa noda setitik dua titik saja. Namun yang pasti jika terjadi persetubuhan maka lubang atau liang hymen akan berubah lebih longgar dari aslinya. (Ini dimerahkan karena banyak orang salah kaprah tentang ini. Banyak pria mengira, apabila tidak terjadi perdarahan pada malam pertama maka pasangannya sudah tidak perawan lagi. Itu salah besar! Harus ada pemeriksaan lanjutan sebelum menuduh.)

Untuk pemeriksaan apakah hymen itu sudah robek atau belum memang memerlukan keahian khusus. Biasanya seorang dokter ketika memeriksa hymen seseorang akan memakai sarung tangan. Kemudian dengan dilumuri jeli pelicin, jari akan dimasukkan lewat dubur. Kemudian diangkat sedikit supaya hymen kelihatan.
Berikut adalah beberapa gambar hymen berikut keterangannya :
1. Gambar Hymen belum robek.

2. Hymen yang mengalami sedikit perubahan ( robek sedikit) karena kecelakaan, terkena benda keras, jatuh, masturbasi, dll
3. Hymen Yang Sudah Robek / Pecah
4. Hymen Yang Sudah Pernah Melahirkan.


 Salam. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Mengenali Selaput Dara (Hymen)